Langsung ke konten utama

Hari Air Sedunia [FBB KOLABORASI]

Hai hai hai ...

Setelah lama tidak diadakan FBB Kolaborasi (karena kesibukan persiapan acara dan setelah acara ultah keempat FBB--juga alasan yang tidak bisa disebutkan--), kini di bulan Maret, beberapa member FBB ikutan tulisan Kolaborasi lagi nih.

 

Bagi yang belum tahu, FBB Kolaborasi adalah kegiatan bulanan yang dilakukan dnegan mengangkat tema tertentu. Nah kali ini temanya Hari Air Sedunia. Lantas seperti apa saja tulisan teman-teman yang sudah berpartisipasi? Yuk kita cek ...

 

1. Urgensi Air dalam Kehidupan oleh Mia Yunita

 

FBB Kolaborasi kali ini membahas tentang Air.  Tentu kita pun memahami manfaat air dalam kehidupan dan dengan realita yang ada di mana terjadi kelangkaan air bersih akibat dari berbagai faktor maka kita wajib untuk menjaga keberadaan air yang layak konsumsi. Selengkapnya klik Urgensi Air dalam Kehidupan.

 

hari air sedunia

 

2. Buku, Langkah Pertamaku untuk Menghargai Air oleh Ira Mustika

 

Ada banyak cara untuk menghargai air. Salah satunya adalah dengan membaca buku-buku untuk memperkaya pengetahuan tentangnya. Ada banyak buku bertema air dari berbagai genre, termasuk buku anak. 

 

Meskipun ringan, buku anak juga menyampaikan pengetahuan tentang air yang dapat menjadi langkah awal untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam menghargai air. Selengkapnya klik Buku, Langkah Pertamaku untuk Menghargai Air.

 


3. Benda Berharga itu Bernama Air, Selamat Hari Air! oleh Putri Santoso

 

Kapan terakhir kali kalian bersyukur menjadi orang Indonesia? Dulu saat gue masih duduk di sekolah dasar, ibu guru sering menyebut bahwa negeri ini adalah negeri yang kaya. Hingga tibalah gue di Sambori. Di sana gue tau, bahwa benda berharga itu bernama air, bukan gadget seri terbaru. Selengkapnya klik Benda Berharga itu Bernama Air, Selamat Hari Air!

 


 

4.  Pengalaman Mengungsi Saat Banjir di Kalsel oleh Triyatni Ashari

 

Bulan Desember-Januari kemarin adalah bulan yang cukup menegangkan menurut saya. Bagaimana tidak, sepulang dari liburan akhir tahun 2020 dari rumah Mertua, jalan komplek depan rumah tetangga kami sudah kerendam air sekitar sejengkal. Hanya berbeda 2 rumah dari kami. Mungkin karena tanah depan rumah kami lebih tinggi jalannya jadi tidak kena imbasnya (kami tepat di sudut). 



Puncaknya pada bulan januari 2021, hujan deras terus mengguyur perumahan kami. Halaman kami akhirnya mulai tergenang … Selengkapnya klik Pengalaman Mengungsi Saat Banjir di Kalsel.

 


5. [Cerpen] Pengantin Banjir oleh Antung Apriana

 

Bagaimana jadinya kalau calon pengantin yang akan menikah minggu ini harus menghadapi bencana banjir di kotanya? Yuk intip cerpen yang terinspirasi yang terjadi di kota Banjarmasin awal tahun 2021 kemarin. Selengkapnya klik [Cerpen] Pengantin Banjir.

 


 

6. Tentang Elemen Air, Ninjutsu, dan Psikologis Emak oleh Aswinda Utari

 

Apakah ada yang tau bahwa air memiliki makna tersendiri dari sisi psikologis. Teori yang berasal dari Cina ini menjadi dasar imajinasi dari beberapa anime untuk pengembangan karakter. Sebagai mantan seorang gamer, penulis mencoba mendeskripsikan makna air dalam kehidupan psikologisnya. 

 

Bahwa sebenarnya elemen air memiliki banyak makna dalam pengembangan cakra. Penggunaannya secara maksimal akan membuat hidup lebih seimbang. Selengkapnya klik Tentang Elemen Air, Ninjutsu, dan Psikologis Emak.

 


Nah, itu dia beberapa tulisan teman-teman yang ikut meramaikan FBB Kolaborasi bulan ini bertema Hari Air Sedunia. Menarik sekali topik-topik yang dibicarakan, mulai tentang buku hingga ada yang membuat sebuah cerpen. Selamat membaca!

Komentar

  1. Suka banget mengangkat topik air karena sekarang memang lagi hangat temanya. Dab lagi tulisannya semua diangkat dari sudut pandang cerita berbeda-beda. Seru sekali

    BalasHapus
  2. Biarpun hidup di Kota Seribu Sungai, tapi kalo masalah air bersih ya begitulah hahaha. Jadi, memang sudah semestinya kita pandai-pandai ya menggunakan air selain itu juga menjaga lingkungan supaya stok air bersih di alam juga tetap eksis.

    BalasHapus
  3. Duh suka sama semua tulisannya, beberapa perenungan yang bisa kita lakukan dari setetess air. Sangat berharga bagi kehidupan. Bisa menjadi sangat bermanfaat dan bahkan berbahaya juga jika tidak pada tempatnya.

    BalasHapus
  4. Mantap banar nah berataan. Sudah berkunjung jadi tahuan sudah kisahnya. Mudahan kawa umpat lagi fbb collab nang akan datang

    BalasHapus
  5. tema air ini memang pas banget ya sama kondisi provinsi kita yang kena banjir awal tahun ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tidak Kalah dengan Ibukota Provinsi, Ini 4 Kafe di Barabai yang Wajib Dikunjungi

Halo Kaka-Kaka bungas yang lagi membaca tulisan ini, mudahan sehat sabarataan lah. Kenalkan dulu nah, ulun Eca anggota FBB jua dan tulisan ini nih tulisan perdana ulun di Banjar Corner. Selamat membaca 🤗 Tau lah bubuhan pian di wadah ulun Barabai bisi 4 kafe nang kada kalah lawan di Banjarmasin? Han kada tau kalo, makanya bacai sampai tuntung lah. Barabai Hulu Sungai Tengah sabujurnya lain kota kelahiran ulun. Tapi, kayapa pun jua, ulun sudah lawas bagana di sana dan sudah tarasa jadi tanah kelahiran ulun saurang. Ulun mulai bagana di Barabai semenjak kelas 1 SMP. Waktu ulun masih sakulah itu, dasar balum ada nang ngarannya kafe nginih. Ulun lawan kakawanan dahulu bejalanan ke kedai atau depot haja. Nah, wahini lumayan banyak sudah cafe yang kawa dipakai hagan “feed” Instagram bubuhan pian. Ini nah yang menurut ulun musti pian kunjungi. 1. Hero Cafe Nah, kabalujuran banar ulun lawan anggota FBB nang lain suah bakumpulan di Hero Cafe ini mun pas handak betamuan. Di sini rami

Belajar Istilah Banjar

  Halo! Apa habar buhan pian sabarataan? Mudahan baik ajaa lah sabarataan, sehat selalu dan dijauhkan dari panyakit.   Nah kali ini ulun handak memadahkan beberapa istilah dalam bahasa Banjar yang mungkin banyak dari pian masih balum tahu karena kada tebiasa berbahasa banjar sehari-hari, atau hanyar aja pindah ke banjar. Oiya, ulun ingat banar bahari pas SD balajar bahasa Banjar muatan lokalnya, amun wahini masih jua kah kakanaan tahu di istilah ni?   Berikut beberapa istilah dalam bahasa Banjar:   1. Salesmaan   Salesma sabujurnya adalah ngaran virus yaitu virus salesma, yang begejala behingusan atau pilek. Nah rancak urang tetap menyambat salesmaan jua amun ada nang kena flu karena gejala si salesma lawan flu nih mirip yang nyata bahingusan lawan batukan.   2. Hawai   Hawai nang ini lain ngaran wilayah lah, hawai nang dimaksud di sini tu artinya semacam sunyi tu nah, misalnya urang tebiasa di kota lalu bejalanan ke desa pasti lain suasananya, tebiasa pina rami

Kisah Intingan wan Dayuhan

Halo sabarataan, batamuan pulang lawan ulun, Nisa. Kali ini, ulun handak mangisahakan kisah Intingan wan Dayuhan nang rajin tu selalu dikisahakan bila ulun handak guring waktu lagi halus dulu. Kisahnya ni turun temurun dari zaman datu, nini, mama, anak sidin, dan cucu sidin, bisa jua kaina sampai ka buyut sidin. Kisahnya nih rami, sampai taguring guring mandangari kisah ini ja, lucu pulang han. Bila pian suah mandangar kisah Intingan wan Dayuhan, bararti kita sama. Zaman bahari kadada pang yutube wan intirnit. Nang ada kisah dari muntung ka muntung ja. Nang kaya apa kisahnya, ni ulun kisahakan nah ka bagian pian sakira kada panasaran. Kisah Intingan wan Dayuhan  Zaman bahari ada dua ikung badua ba-ading nang bangaran Intingan wan Dayuhan. Kisahnya Intingan nang jadi kaka, Dayuhan ading nya. Ibarat kata, si Dayuhan nih inya orangnya kada tapi paham apa yang di padah-akan tu, atau bahasa kitanya, ada nang kurang kaitu nah. Ujar kisah si ading nih kada hakun sakulah, mac